Lakukan Cek Minyak Rem Sebelum Terlambat

Bagi Anda pengendara mobil, sebaiknya lakukan pengecekan fluida Rem ( Minyak Rem ) secara berkala.

Minyak Rem merupakan kompenen penting untuk sistem pengereman, apalagi di Indonesia memiliki tingkat kelembapan yang tinggi yaitu 60 - 80 persen.

Dengan tingkat kelembapan yang tinggi membuat minyak rem akan turun performanya.

Maka, komponen ini perlu dijaga dan dirawat sebaik mungkin supaya bisa bekerja secara optimal. Jangan sampai sistem pengereman menjadi tidak berfungsi atau blong gara-gara vapor lock.

Fungsi Minyak Rem

Minyak rem merupakan cairan fluida yang berfungsi untuk menyalurkan tekanan dari sistem pengereman utama menuju kaliper di roda. Dikarenakan rem bekerja pada suhu panas, minyak rem yang titik didihnya tinggi adalah yang terbaik.

Kampas rem yang bekerja pada suhu tinggi akan kesulitan menurunkan temperaturnya jika Minyak rem lebih cepat panas. Jika rem mengalami kepanasan dalam waktu lama, maka kampas rem akan cepat aus dan harus diganti.

Waktu yang tepat untuk pengecekan

Sebelum perjalanan jauh, sebaiknya lakukan pengecekan minyak rem dengan melihat volume cairannya, jika perlu dilakukan penggantian.

Setelah perjalanan jauh, akan mengakibatkan sistem pengereman menjadi panas sehingga minyak rem menjadi mendidih menurunkan performa. Maka segera lakukan penggantian.

Setiap dua tahun atau sudah mencapai 40.000 km. Apabila lebih dari dua tahun kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. Saat waktu dua tahun sudah sekitar dua hingga tiga persen memiliki kandungan air di dalamnya.

Informasi Pembelian Hubungi

Promo Toyota Solo Surakarta

New Avanza 2021
Harga mulai Rp 208 Jutaan
DP Kredit Rp 39 Jutaan
Cicilan Kredit Ringan 5 Tahun
New Rush 2021
Harga mulai Rp 255 Jutaan
DP Kredit Rp 48 Jutaan
Cicilan Kredit Ringan 5 Tahun
New Calya 2021
Harga mulai Rp 151 Jutaan
DP Kredit Rp 17 Jutaan
Cicilan Kredit Ringan 5 Tahun